Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Harddisk Internal Dan Harddisk Eksternal

Terdapat 2 model harddisk yang tersedia saat ini, yaitu harddisk internal dan eksternal. Kedeua harddisk ini memiliki peranan dalam mengelola data dengan menggunakan cakram magnetis yang berputar secara cepat. Pada kali ini kita akan membahas mengenai perbandingan kelebihan dan kekurangan dari kedua model harddisk tersebut.

Harddisk Internal

knowladge

Harddisk internal merupakan komponen pada bagian dalam perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data secara berkala. Adapun kelebihan harddisk internal, yaitu:

  1. Pemakaian lebih tahan lama.
  2. Proses pengolahan data yang lebih cepat.
  3. Harga yang harddisk internal relatif lebih murah. Karena memang media penyimpanan ini sudah include kedalam perangkat komputer atau notebook yang anda beli.
  4. Lebih kebal terhadap virus.
  5. Harganya cenderung murah, pasalnya hardisk internal sudah menyatu dengan komputer atau laptop saat pertama kali pembelian.
  6. Lebih cepat mengolah data jika dibandingkan dengan hardisk eksternal
  7. Tidak mudah rusak.
  8. Lebih tahan terhadap virus atau malware

Kekurangan harddisk internal, diantaranya

  1. Tidak bisa dibawa kemana-mana, karena perangkat ini tertanam dalam rangkaian komputer/notebook
  2. Pilihan kapasitas size harddisk relative lebih kecil dari harddik eksternal.
Harddisk Eksternal
knowladge

Harddisk adalah media penyimpanan data portable yang dapat digunakan dengan mudah dan dibawa kemana saja. Karena mempunyai ukuran yang kecil dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Harddisk eksternal dapat langsung digunakan pada PC dan laptop dengan menggunakan kabel USB. sehingga harddisk eksternal dapat diakses lebih mudah untuk mengelola dan menyimpan berbagai file data yang dibutuhkan. Kelebihan dari harddisk eksternal antara lain sebagai berikut ini:
  1. Mempunyai bentuk yang kecil sehingga mudah dibawa kemana saja.
  2. Fleksibel saat digunakan di saat apa saja.
  3. Ukuran penyimpanan lebih besar dan bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beragam file.

Kekurangan harddisk eksternal, antara yaitu:

  1. Mempunyai harga yang lebih mahal.
  2. Memiliki kinerja yang lebih lambat dalam mengelola suatu data dibandingkan dengan komponen harddisk internal.
  3. Lebih cepat mengalami overheat atau panas saat mentransfer file dalam jumlah besar.
  4. Rawan terhadap goncangan yang menyebabkan kerusakan perangkat. Maka dari itu, anda harus berhati-hati dalam menggunakan penyimpanan ini.

Kebanyakan orang yang menggunakan media penyimpanan harddisk eksternal untuk membantu pekerjaan mereka dalam mengakses data ketika bekerja dengan mobilitas kegiatan yang tidak tetap di satu tempat/ruangan. Akan tetapi, anda harus lebih berhati-hati dan tidak sembarangan menggunakan perangkat ini, karena harddisk eksternal sangat rentan terhadap goncangan dan serangan virus.

Untuk penggunaan harddisk eksternal yang sembarangan bisa membuat file yang didalamnya menjadi rusak (corrupt) dan tidak bisa dibuka, seperti hal-hal berikut ini,

  1. Membawa harddisk eksternal secara sembarangan dan sering terkena goncangan. Anda harus berhati-hati dalam membawa harddisk eksternal, selalu usahakan agar tidak terjadi goncangan saat membawa benda ini.
  2. Penggunaan yang sembarangan dengan asal menghubungkan hdd eksternal ke banyak perangkat komputer. User harusnya memeriksa lebih dulu perangkat yang akan dihubungkan ke hdd eksternal. Agar hdd anda bersih dari virus pada perangkat komputer yang hendak dihubungkan dengan eksternal, cara yang dapat kamu terapkan adalah melakukan full scan antivirus seperti windows defender atau antivirus terpercaya lainnya.

Hal diatas sangat disarankan agar keamanan data yang ada didalam harddisk tetap aman.