MARI MENGENAL MEDIA STORAGE SSHD

SSHD adalah singkatan dari Solid State Hybrid Drives. Banyak dari kita yang mungkin belum mengenal apa itu SSHD. Dalam memilih perangkat penyimpanan data tentu saja kita harus mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan media penyimpaan yang kita gunakan. Perangkat penyimpanan SSHD diusung dengan menggabungkan kelebihan dari dua teknologi penyimpanan yang sudah hadir sebelumnya. Sehingga perangkat ini menjadi lebih cepat dan efektif dalam pengolahan data.

 

Kali ini kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari media penyimpanan data digital SSHD.

Untuk kelebihan media storage SSHD, antara lain:

  1. Kecepatan Transfer Data Tinggi. Selama ini mungkin kita mengira hanya media penyimpanancSSD yang memiliki rate transfer data yang cepat. Namun, pada SSHD juga memiliki rate kecepatan transfer yang sama seperti SSD. Hal ini karena pada bagian komponen SSHD dilengkapi juga dengan komponen yang sama seperti pada SSD.
  2. Tingkat kegagalan penyimpanan yang relative rendah. Lagi-lagi, dengan model penggabungan model jenis SDD dan HDD pada bagiam komponen SSHD tentu juga memberikan keuntungan lain yakni berupa tingkat kegagalan penyimpanan yang rendah. Meski sebenarnya tingkat kegagalan selalu ada. Tapi pada media storage SSHD efisien kinerja komponennya lebih tinggi. Sehingga hal ini juga membuat kegagalan yang terjadi relative rendah.
  3. SSHD terbukti lebih awet daripada HDD karena bagian yang bergerak lebih sedikit ketika proses read/write data berlangsung. Contohnya ketika HDD mengalami bad sector pada bagian piringan yang bergerak dan data gagal dibaca. SSHD tak akan mengalami hal tersebut, Sehingga bisa dipastikan pemeliharaan SSHD juga lebih mudah yang menjadikannya lebih awet dan tahan lama.

Sementara untuk kekurangan SSHD, yaitu:

  1. Bobot SSHD yang masih berat dan ukuran relative besar. Penggabungan komponen SSD dan HDD pada SSHD tidak membuat kelebihan saja. Namun terdapat juga kekurangan yang di timbulkan, seperti hal bobot berat dan suara disk yang diputar masih tetap ada.
  2. Harga yang lebih mahal. Harga SSHD dipasaran memang lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Namun harga media penyimpanan ini masih dibawah harga SSD.

 

Blog Terkait