WD 2 TB SATA harddisk PC Tidak Terbaca Firmware Corrupt Data Recovery

Kami menerima lagi Harddisk PC Western Digital 2 TB SATA untuk di selamatin datanya. Kali ini klien menelepon kami untuk membantu dia meyelamatkan data dari PC server dia. Dia mengatakan bahwa PC servernya tidak bisa menjalankan OS dan harddisk nya di cek di BIOS terdeteksi tapi tidak bisa masuk OS, dan sudah dicoba di pasang dikomputer lain terdeteksi tapi tidak bisa kelihatan data-datanya. Kami menyuruh dia untuk dibawa harddisknya untuk kami cek. Kesokan harinya di membawa harddisk nya kepada GURUHDD jasa data recovery yang ada di mangga dua Jakarta.

Setelah harddisk kami terima, kami melakukan pengecekan harddisk western digital 2 TB ini. HDD spin normal dan ada kalibrasi head. Artinya head masih bisa membaca. Kami melakukan pengecekan deteail terhadap elektronik dan PCB elektronik tidak ada masalah. Harddisk masih terdeteksi tetapi tidak bisa mengakses data area / user area.  Kemudian kami mengecek dari sisi Firmware / Service area. Setealah kami cek ada banyak sekali module dari firmware WD 2 TB ini bermasalah, seperti gambar di bawah ini.

Bisa kita lihat bahwa banyak sekali tanda merah pada module-module di HDD ini dari mod configurasi, S.M.A.R.T, translator dll.  Module yang rusak ini yang membuat harddisk tidak bisa membaca data karena struktur firmware tidak bisa ke load secara max.  kami pun melakukan perbaikan module yang dimana butuh keahlian dan sepsial tools untuk memperbaikinya. Teknisi kami sangat handal untuk mengerti tentang spesikasi module yang rusak. Terkadang perbaikan module harus di lakukan on the fly fix untuk mencegah module lain terimbas kerusakan. Proses perbaikan Firmware yang kami lakukan adalah sementra dan tujuannya untuk meyelamatkan data dari harddisk ini bukan untuk service harddisk ini untuk bisa dipakai lagi. Biasaya kejadian firmware bermasalah kebanyakan dipengaruhi oleh faktor bad sector yang tidak bisa di handle oleh harddisk sehingga menyebabkan kerusakan firmware.

Module-module yang rusak berhasil kami perbaiki, dan hdd sudah bisa di akses data area. Kami melakukan cloning data ke harddisk internal kami disaat cloining hdd kelihatan ada bad sector. Proses cloning untuk harddisk ini membutuhkan waktu sektar 3/ 4 hari untuk selesai di cloning. Sesudah selesai dicloning data sudah bisa kelihatan,  harddisk ini mengunakan system OS linux didalamnya.

Kami melakukan konfirmasi selesai recovery data ke klien kami. Sesudah dicek klien sangat senang dengan hasil datanya, mayoritas data bisa terbuka semua. Sejauh ini tidak ada masalah di datanya sesudah 1 minggu data di ambil oleh klien kami. Jika anda butuh jasa recovery data harddisk Western Digtial silakan hubungi kami.

OTHER SUCCESS STORY

Cerita Sukses langsung dari LAB kami

Punya pertanyaan seputar Jasa Data recovery

Silahkan hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik hanya untuk anda!