SERVER IBM X3650 M3 Dengan 6 Harddisk SAS 300 GB Raid 5 Data Recovery

Kemabli lagi kami menerima kasus server IBM x3650 M3 dengan 6 Harddisk SAS 300 GB yang terpasang di server IBM X3650 M3. Server in mengalami masalah pada harddisk yang terisntall di bay server. Klien kami mengatakan bahwa dari 6 harddisk 2 diantaranya rusak dan mereka memakai system raid 5 di server IBM x3650 M3 ini. Mereka mengatakan bahwa server ini tiba-tiba down dan tidak bisa diakses datanya. Mereka mengecek lampu indicator harddisk di server terdapat 2 harddsik yang terindikator merah. Harrddisk yang terindikasi merah adalah no 2 dan 4. Tim IT mereka tidak berani untuk mengotak-atik server ini karena takut akan kehilangan data. Mereka akhirnya mencari jasa penyelamatan data / jasa data recovery untuk bisa mengembalikan data Server IBM mereka. Mereka mempercayai GURUHDD sebagai jasa data recovery server RAID mereka dan membawa ke 6 harddsik SAS mereka ke kami GURUHDD yang ada di cengkareng Jakarta barat.

Sesudah kami menerima ke 6 harddisk SAS tersebut. 4 diantaranya adalah harddisk SAS Toshiba 300 Gb dan 2 diantaranya harddisk Hitachi SAS 300 GB. Harddisk sudah di nomorin oleh klien kami sesuai urutan no di server IBM mereka. Kami mengecek 1 per satu dari ke 6 harddisk tersebut. Hardisk no 2 dan 4 kondisi harddisk bermasalah sesudah kami cek. Seperti yang diketahui bahwa harddisk yang di RAID semua member harddisk harus bisa di baca datanya. Karena harddisk raid adalah satu kesatuan yang di gabung menjadi satu. Sehingga data di harddisk no 2 dan 4 harus bisa di recovery datanya. Jika tidak bisa maka data tidak akan bisa terbentuk sempurna.

Teknisi kami melakukan pengecekan detail ke 2 harrdisk yang bermasalah tersebut. Harddisk SAS berbeda dengan harddisk SATA. Harddisk SAS lebih kompleks arsitekturnya di bandingkan dengan harddisk SATA. Sesudah teknisi kami mengecek harddisk SAS bermasalah yang tidak terbaca. Kami melakukan beberapa trik untuk membuat harddisk kembali terdeteksi. Harddisk no 2 dan 4 akhirnya kembali terbaca oleh special tools kami. Harddiks no 2 dan 4 bermasalah karena terindikasi bad sector yang membuat harddisk menjadi sibuk. Kami melakukan cloning data ke seluruh 6 harddisk ini ke dalam bentuk image files.

Sesudah kami berhasil mengcloning data dari ke 6 harddisk ini. Kami memulai data rekonstruksi raid dari 6 harddisk ini. Kami mencari konfigurasi metadata yang ada di harddisk. Teknisi kami menenukan system konfigurasi metadata raid di ke 6 harddisk ini. Kemudian kami menyusunnya kembali menjadi satu intergiry raid. Sesudah itu kami melakukan verifiaksi konsistensi check dari semua file melalui file system. Hasil dari verifikasi menunjukan tidak ada error yang berarti bahwa data semua dalam kondisi bagus.

Kami mengkonfirmasi ke klien kami bahwa datanya sudah berhasil kami recovery data nya. Kemudian klien kami menyiapkan harddisk eksternal untuk membackup datanya. Keesokan harinya data sudah selesai tercopy dan klien kami mengambil datanya. Mereka merasa lega sesudah data berhasil terupload ke server mereka lagi.

OTHER SUCCESS STORY

Cerita Sukses langsung dari LAB kami

Punya pertanyaan seputar Jasa Data recovery

Silahkan hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik hanya untuk anda!