Mengapa Hard Drive Tidak Dapat Membaca/Menulis Data

Hard drive telah diatur secara permanen oleh pabrikan dengan informasi penting. Dalam bentuk trek servo yang tertanam. Hal ini biasanya diletakkan pada kepala (Head) baca/tulis. Seperti komponen elektronik lainnya pada disk, trek servo juga dapat rusak. Bahkan sebutir debu di bawah Head dapat menciptakan gesekan sesaat yang disebut kekejaman termal dalam istilah teknik. Hal ini benar-benar dapat menghapus beberapa ratus bit data. Akibatnya, informasi pemosisian data penting hilang bisa begitu saja berikut pun data penting anda juga.

Article

Trek hard drive tidak melingkar sempurna. Dengan disk berputar pada 120 putaran per detik (7200 rpm). Sistem pemosisian Head telah diatur untuk hal ini dan biasanya Head akan biasanya beradaptasi. Tetapi karena disk yang bergetar dan juga akibat dari kebisingan atau getaran, atau bantalan pada motor atau aktuator aus, Head kadang juga tidak bisa beradaptasi secepat mungkin. Head yang mulai kehilangan kemampuan untuk mengunci trek cukup lama untuk membaca data ini berarti anda bisa kehilangan data anda. Perusahaan layanan pemulihan hard drive telah mengembangkan alat dan teknologi khusus yang dapat memposisikan head secara tepat pada track servo dan memaksa hard drive untuk membaca data yang "hilang" ini.

Article

Selain itu, kerusakan media seperti goresan, lubang, dan penyimpangan dapat merusak semua data. Misalnya, partikel keras tergores, sedangkan yang lunak seperti aluminium akan mengolesi permukaan, membuat magnetisasi lebih sulit. Karena trek luar bergerak lebih cepat daripada trek dalam, perbedaan kecepatan juga dapat membantu menjelaskan perbedaan yang diamati dalam kesalahan trek luar. Faktor lain yang mungkin berasal dari fakta bahwa pelumas piringan cakram cenderung menumpuk karena gaya sentrifugal yang memaksa head menjauh dari media. Tetapi dengan memanfaatkan teknologi pemulihan hard drive ruang bersih, data berharga anda dapat diekstraksi bahkan setelah kerusakan semacam ini.

Tidak diragukan lagi, disk drive saat ini adalah mesin yang luar biasa. Kini anda bisa mendapatkan drive 1 TB yang pas di saku baju Anda dengan kapasitas penyimpanan 2000 kali lipat, 25 kali lebih handal, dan memiliki kecepatan data 75 kali lebih cepat dari hard disk sebelumnya.

Tetapi tidak peduli seberapa canggih hard drive, semakin banyak data yang anda masukkan, semakin besar dampak kehilangan data. Pengguna yang sangat bergantung pada hard drive juga harus memahami keterbatasan dari perangkat yang digunakan. Sehingga sebagai pengguna anda dapat melindungi media penyimpanan dan juga data anda

Blog Terkait