Kegunaan Dari Jenis Warna Harddisk

Harddisk adalah bagian yang sangat penting pada laptop atau PC. Harddisk pada setiap komputer atau laptop juga memiliki jenis yang sangat beragam. Salah satu brand yang memiliki jenis warna berbeda-beda adalah Western Digital. Media storage dari Western Digital mempunyai tampilan warna yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

knowladge

Dari perbedaan warna yang disediakan oleh WD kita dapat memilih media storage yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai kelebihan warna dari media storage yang disediakan oleh WD. Warna diantaranya, yaitu:

  • Western Digital Blue 

knowladge 

Harddisk WD Blue merupakan harddisk yang memiliki keseimbangan antara performa dan kehandalan peforma yang ditujukan untuk komputer desktop. Western Digital Blue hadir dalam kapasitas 320GB, 500GB, 1TB hingga 4TB. Harddisk WD Blue ini sangat cocok untuk PC dengan kebutuhan sehari – hari seperti office, browsing dan untuk kebutuhan data yang tidak terlalu besar.

  • Western Digital Green 

 knowladge

Harddisk WD Green sangat ramah lingkungan karena bekerja dalam suhu yang rendah dan tidak boros daya, sehingga harddisk WD Green ini lebih tahan lama dan tidak cepat rusak. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan kecepatan, HDD WD Green ini mulai ditiadakan (digantikan dengan WD Blue) dan digantikan dengan SSD Green yang lebih hemat namun cukup bagus untuk laptop-laptop entry level.

  • Western Digital Red 

 knowladge

WD Red ini peruntukannya adalah buat NAS (Network Attached Storage) yang sangat cocok untuk penggunaan jaringan storage dan server. Dimana storage ini diharapkan bisa berjalan 24×7 secara penuh. HDD ini dibikin dengan kemampuan untuk digunakan secara terus menerus dengan suhu rendah dan gak berisik (namun kekurangannya adalah speed baca/tulisnya yang lebih rendah dari seri lainnya).

  • Western Digital Purple 

knowladge

WD Purple ini dikhususkan untuk penggunaan di CCTV. Karena seri ini memiliki fitur AllFrame and Advanced Format Technology (AFT), teknologi yang mengurangi kehilangan rekaman video. Penyimpanan hasil CCTV juga lebih efisien dengan WD Purple. WD Purple juga dirancang lebih tahan lama karena HDD bekerja selama 24 jam sehari bahkan mampu selalu menyala non-stop.

  • Western Digital Black
knowladge

Western Digital Black adalah termasuk seri golongan premium dari WD, dimana seri harddisk ini memiliki kecepatan read/write nya lebih tinggi dari seri Blue, Purple ataupun Green. Adapun seri ini lebih ditujukan bagi pengguna-pengguna multimedia, design, maupun gaming yang butuh media penyimpanan dengan performa tinggi. Jadi jangan heran bila harga yang ditawarkan seri ini relative lebih mahal (mencapai 2x) dari seri blue/hijau.

  • Western Digital Gold 

knowladge

Varian tertinggi dari WD HDD series adalah seri WD Gold ini. Dia dirancang untuk data center atau server yang butuh harddisk terbaik dengan efisiensi data yang lebih tinggi dan kinerja terbaik, berkat pengadopsian teknologi HelioSeal. Dengan speknya yang terbaik  tersebut, WD Gold diklaim mampu memenuhi kebutuhan server dengan lebih terjangkau dan berkualitas.

Dengan memahami jenis kegunaan warna harddisk ini semoga dapat membantu menjadi refrensi anda ketika memilih storage harddisk yang tepat. Agar data, gambar, musik, video dan lainnya yang anda simpan tetap aman.